7 Lokasi Selam dan Snorkeling Indonesia Raya

Berikut ini saya rangkum secara random dari beberapa sumber untuk refrensi "7 lokasi Selam dan Snorkeling Indonesia Raya" di beberapat spot Indonesia tercinta ini. So, let' check it out :

1. Sabang -  Pulau Weh  

Sabang - Pulau Weh
Pulau Weh sabang merupakan pulau yang terletak di bagian barat laut ujung Pulau Sumatra. Pulau ini dulunya pernah terhubung dengan Pulau Sumatra, namun sekaranga terpisah oleh laut setelah meletusnya gunung berapi pada jaman Pleisstosen. Pulau weh ini terkenal dengan ekosistem lautnya dan kejernihan lautnya yang luar biasa. Hiu karang bermulut besar dapat ditemukan di pantai pulau ini. Selain itu. Pulau Weh memiliki keunikan dan keindahan alamnya yang masih alami. Birunya laut menembus karang-karang beraneka ragam, warna-warni ikan hias sehingga digelar sebagai “surganya” alam bawah laut. Banyak spot diving yang sangat menjadi refrensi bagi pecinta alam, terutama bawah laut. Pulau rubiah , Gapang dan iboih, merupakan spot yang sangat favorit buat saya untuk snorkling dan diving. Yang membuat saya gak pernah bosan untuk berkunjung ke tiga spot tersebut, ikan hiu nya bisa dilihat dari dekat dengan kedalaman 20  meter, dan ikan pari ( Stingray ) yang berukuran lebar 2 sampai 3 meter juga akan ikut nimbrung, pada sore harinya. Benar-bernar sea garden banget deh.


2. Pulau Menjangan - Barat Laut Pulau bali

Pulau Menjangan
Pulau ini yang luasnya 1,7 hektar, merupakan kawasan hutan yang tandus dan dihuni oleh masyarakat, tetapi sering dijadikan tempat untuk kegiatan spiritual  masyarakat sekitar persembahyangan maupun meditasi. Pulau Menjangan terletak di ujung barat laut Pulau Bali. Pulau ini dapat dijangkau dengan melewati Labuhan Lalang di Desa Sumber Kelompok Kecamatan Gerokgak ± 55 km sebelah selatan Kota Singaraja. Pulau Menjangan ini merupakan suatu spot menyelam terbaik di Dunia.Di pulau ini keindahan dan misteri pemandangan bawah laut dapat ditemukan.
Pulau Menjangan
Kecantikan taman lautnya telah menarik  banyak perhatian penyelam dari berbagai belahan dunia. Pulau menjangan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat (TNBB ) dan semua kehidupan di pulau ini dilindungi. Sangat dilarang untuk memancing, mencari karang atau berburu binatang di pulau ini.





3. Pulau Bunaken - Sulawesi Utara

Pulau Bunaken
Pulau Bunaken yang terletak di bagian utara pulau Sulawesi, Indonesia. Perjalanan ke Pulau Bunaken ini dapat di tempuh dengan speed boat atau kapal / boat sewaan dengan perjalanan lebih kurang 30 menit dari pelabuhan kota Manado. Di sekitar Bunaken terdapat taman laut Bunaken yang merupakan Taman Nasional Bunaken. Taman laut ini memiliki bio-diversitas kelautan yang tertinggi di dunia. 
Pulau Bunaken
banyak penyelam scuba tertarik untuk berkunjung ke pulau ini. Secara keseluruhan taman laut Bunaken meliputi area seluas 75.265 hektare dengan lima pulau yang berada di dalamnya, yakni Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage berikut beberapa anak pulaunya, dan Pulau Naen. Taman bawah laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman hingga 1344 meter. 
Dari 20 titik selam itu, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. 12 titik penyelaman inilah yang sangat kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut.


4. Nusa Tenggara Timur - Pulau Rinca 

Pulau Rinca

Pulau Rinca

Pulau Nusa Penida merupakan suatu pulau yang terletak di sebelah tenggara Bali. Di dekat pulau ini terdapat banyak juga pulau kecil lainnya seperti Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan.
Di kawasan Nusa Penida terdapat beberapa obyek wisata dan tempat rekreasi . Rekreasi wisata tirta merupakan wisata bahari dengan jenis ikan yang beraneka ragam dan dengan terumbu karangnya yang indah dan dapat dijumpai di sini untuk dinikmati para wisatawan dari berbagai negara. Perairan pulau Nusa Penida terkenal dengan lokasi diving nya yang menarik, beberapa diantaranya terdapat di Batu Meling, Batu Lumbung, Penida Bay, Manta Point, Batu Abah, Toyapakeh dan Malibu Point.



5. Pulau Nusa Penida - Bali Tenggara

Nusa Penida
Pulau Nusa Penida merupakan suatu pulau yang terletak di sebelah tenggara Bali. Di dekat pulau ini terdapat banyak juga pulau kecil lainnya seperti Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan.
Di kawasan Nusa Penida terdapat beberapa obyek wisata dan tempat rekreasi . Rekreasi wisata tirta merupakan wisata bahari dengan jenis ikan yang beraneka ragam dan dengan terumbu karangnya yang indah dan dapat dijumpai di sini untuk dinikmati para wisatawan dari berbagai negara. Perairan pulau Nusa Penida terkenal dengan lokasi diving nya yang menarik, beberapa diantaranya terdapat di Batu Meling, Batu Lumbung, Penida Bay, Manta Point, Batu Abah, Toyapakeh dan Malibu Point. 



6. Pulau SEPA - Kepulauan Seribu

 Pulau Sepa

 Pulau Sepa
Pulau sepa merupakan salah satu spot diving saya karena memiliki pemandangan bawah laut yang indah dan masih natural untuk alamnya. 

Sangat cocok untuk berlibur / rekreasi jika anda merasa jenuh dengan suasana Jakarta yang penuh dengan kemacetan lalulintas dan serta pekerjaan yang membosankan, tidak ada salahnya anda menenangkan hati dengan wisata ke Pulau Sepa. Pulau Sepa dapat dikelillingi dengan hanya dengan berjalan kaki, karena pulau ini tidak terlalu besar. Dan Pulau Sepa dapat ditempuh dalam waktu 90 menit  dengan menggunakan speed boat dari dermaga 19 Marina Ancol. 
 Pulau Sepa
" The paradise for diver " itulah julukan yang pas diberikan untuk Pulau Sepa. Di pulau ini terdapat banyak beberapa spot dive yang wajib untuk diselam. Pengelola pulau sepa juga menyediakan berbagai fasilitas menarik seperti marine walk, waterski, banana boat, canoe, flying fox, knee board, glass board, boat rental, canoe, flying fox, knee board, snorkling, scuba diving, dan jetski.
Marine Walk, merupakan fasilitas baru di pulau ini , anda dapat berjalan dengan leluasa di dasar laut tanpa alat SCUBA. Marine walker semacam helm dengan menggunakan penutup di kepala. Anda akan dapat menikmati alam bawah laut tanpa harus bisa menyelam.


7. Pulau Raja Ampat - Papua Barat

Raja Ampat
Suatu nama yang berasal dari mitos lokal, Raja Ampat atau Empat Raja merupakan sebutan untuk pulau-pulau indah ini. 
Empat pulau utama  tersebut yang dimaksud itu merupakan Batanta, Waigeo, Misool, Salawati adalah yang merupakan penghasil lukisan batu kuno.  
Pecinta wisata bawah laut dari seluruh dunia berduyun-duyun datang ke ini untuk menikmati pemandangan bawah laut terbaik di dunia yang mengagumkan. Wilayah pulau Raja Ampat sangat luas, mencakup 4,6 juta hektar tanah dan laut.Di sinilah rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Kekayaan biota laut ini telah menjadikan Raja Ampat sebagai "Live Library" dari koleksi terumbu karang dan biota laut yang sangat beragam di dunia.
Bahkan, menurut laporan The Nature of Conservancy dan Conservation of International, ada sekitar 75% spesies laut dunia tinggal di pulau yang sangat menakjubkan ini.Siapa pun pasti terkagum-kagum dengan pesona terumbu karang terkaya ini.
Dengan bebagai sumber daya yang ada, kita harus melestarikan keindahan Raja Ampat
Begitu anda tiba di Raja Ampat maka sudah dapat dirasakan kegembiraan yang luar biasa. Pemandangan Raja Ampat seperti mimpi tetapi nyata. Saat Anda mulai menyelam ke bawah laut maka perhatikan dengan detail hewan laut dan tumbuhan laut yang menyapa anda. Ikan tuna, giant trevaliies, snapper, Mantaray dan wobbegongdan bahkan barracuda turut menyambut Anda di bawah laut. Itu belum juga cukup, anda juga akan mendapati ikan dugong ingin berenang bersama anda dan ikan-ikan kecil menjaga wilayahnya hilir-mudik. Bila beruntung mungkin anda dapat berenang bersama penyu laut.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel 7 Lokasi Selam dan Snorkeling Indonesia Raya ini dipublish oleh Unknown pada hari 19 November 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan 7 Lokasi Selam dan Snorkeling Indonesia Raya
 

0 comments:

Post a Comment